keluarga

1. pondasi keluarga adalah agama

agama yang kuat. mau itu agamanya islam, kristen, hindu, budha, animisme, yahudi, yang penting agama yang dipegang cukup kuat untuk dasar segala tindakan dalam keluarga, dari bapak, ibu, anak, pembantu, dll. dengan agama yang kuat menciptakan kondisi yang kondusif untuk keluarga yang jiwa raga nya sehat.

2. temboknya adalah sincerity, ketulusan.

semua yang dilakukan tiap keluarga dari bekerja sampai nyuci baju. dari masak sampai makan2 berbeque an. dari nyuci sepatu sampai cabut rumput halaman. semuanya harus dibekali dengan sincerity. kalau tidak ada sincerity, malah jadi bencana. bisa ada percekcokan, atau salah paham, adu mulut, bahkan untuk hal sepele.

3. atapnya adalah ikhlas.

tidak lah mudah untuk ikhlas. untuk orang tua, kalau ada kebaikan yang pernah dilakukan kepada anak, janganlah diungkit2. hal itu akan membuat dampak buruk di pikiran si anak, menjadi doktrin yang salah, karena trus diungkit. untuk anak, janganlah selalu memberontak, berusahalah punya sudut pandang yang lebih jauh dari sebelumnya.
atap ikhlas ini sulit sekali, karena terkadang kita sebagai manusia lebih ingat perbuatan baik kita kepada yang lain daripada perbuatan jahat kita. sebaliknya, kita lebih ingat kejahatan dan keburukan orang lain ketimbang kebaikannya. hal ini lah yang harus dirubah.


bukan uang atau kekuasaan. bukan rumah yang besar, atau mobil banyak. bukan melulu komunikasi, atau kepatuhan. menurut saya dasar2 keluarga adalah 3 hal diatas.

Komentar