Operasi Gondok

Sebulan yang lalu, saya melihat perbedaan di leher sebelah kanan ibu saya. agak menjendol yah. saya minta beliau berobat ke puskesmas. awalnya ama puskesmas dikasih obat paracetamol, antibiotik dan obat radang biasa. lalu setelah seminggu kok benjolannya tidak hilang2. lalu saya minta beliau berobat lagi, biar ketahuan penyakitnya.

kali ini dokter puskesmas bilang, dia dirujuk ke rumah sakit PMI dengan diagnosis Tiroid Goiter.

awalnya beliau tidak mau bilang ke saya. tapi untungnya ketika adik saya ke rumah, beliau bilang ke kami berdua. adik saya bilang, langsung rubah surat rujukan rumah sakitnya aja ke RS Salak, karena kalau ke RS PMI agak jauh dari stasiun bogor.

esoknya ibunda langsung minta surat rujukan ke RS Salak. dan esok nya lagi, saya mengantar beliau ke RS Salak. Awalnya, masuk dulu ke dokter penyakit dalam (internis). diperiksa sebentar, langsung disuruh untuk USG.

Setelah hasil USG keluar, justru si dokter internis sudah selesai prakteknya :(. Jadilah nunggu minggu depannya lagi untuk ke internis.

lanjut ke internis, di minggu berikutnya, setelah melihat hasil USG, dokter internis nya pegang2 dikit leher ibu, lalu langsung merekomendasikan untuk ke dokter bedah.

wuidiiihhh cepet juga.. langsung ajee dibedah...

tapi tunggu dulu, itu baru bisa minggu berikutnya. waktu diperiksa dokter bedah, dia bilang harus di tes lab dulu, yaitu tes T3, T4, TSH. dan asisten dokternya langsung bilang tes ke prodia. hiiihh prodia kan mehong!! lalu dengan bantuan google, saya cari lab yang lebih murah disekitar RS Salak. dan ketemulah Lab Cito. Lab ini lebih murah harganyaaaaa... tapi baru bisa besok, mumpung adik ipar mau nganter.

besokannya, di lab Cito, ibu diambil darahnya, dan katanya jam 3 boleh ambil hasilnya. cepet juga. dan pas sorenya, di hasil menunjukkan angka2 yang normal (menurut karyawan Lab nya).

di minggu berikutnya, kembali ke dokter bedah. setelah baca hasil Lab dan USG, dan setelah liat kodisi pasien, maka diputuskan untuk operasi.

nah dari situ, ibunda mulai deg2an.

minggu depannya langsung masuk meja operasi. walau kudu nunggu dulu dari pagi ampe jam 12 malem :(

jam 12 malem, dibelek2 lah itu leher, dikeluarkan gondoknya, lalu nginep dulu seharian di ruang khusus.

yang liat selesai operasinya, adalah adik saya. dan dia bilang, kalau saya mau lihat silakan. selesai operasi, leher ibu saya dipasang selang, dan gondoknya sudah dibuang.



karena ruang khusus di RS Salak itu berisik dan bersebelahan dengan ruang operasi dan ICU, jadi adik saya minta ibunda dipindahkan ke ruang kelas 1, agar beliau tidak tambah stres. dan cepat sembuh.

dua hari setelah operasi, ibunda diperbolehkan pulang. ketika pulang diantar oleh adik ipar dan mertua adik saya.

----

waktu temenin ibunda di RS, sempet search di yutub, proses pembedahan gondok, saking penasarannya. ketemu juga, begini ternyata:


---

apa sih tiroid itu?
bisa dibaca di sini atau di sini

Komentar