Swades review

pertama2, saya cek filmography dari SRK, dan ketemu film Swades ini. film ini belum pernah diputar di tv lokal. alasan saya mau nonton karena SRK mendapat Film Fare Award for The Best Actor tahun 2004. jadi penasaran gimana ceritanya.

jadi saya nonton lah onlen disini.

poster film Swades
Ceritanya dibuka dengan serius. tentang project peluncuran roket dari kantor NASA di US sana. SRK disini memerankan Mohan Bhargava, seorang Project Manager, yang sudah tinggal di US selama 12 tahun dan ingin mencari jejak dari pengasuhnya Kaveri Amma. Project NASA dia tinggalkan sementara selama 2 minggu, untuk mencari pengasuhnya itu di India.

Mohan mencari Kaveri Amma di panti jompo, ternyata dia sudah pindah ke sebuah kampung nun jauh disana bernama Charanpur. Karena jauh banget, dia memutuskan untuk menyewa sebuah mobil caravan, agar di sana dia tidak kesulitan untuk menetap. biasalah orang yang dah lama dan mapan di US mah, kudu jalan2 dengan peralatan khusus, geli sama yang kampung2 mah.. sombongnyeee...

setelah berjauh2 ria, dan ketemu dengan pendeta yang nebeng pengen kesana, plus nyanyi2, ketemulah dengan kampung yang namanya Charanpur. akhirnya ketemu juga dengan Kaveri Amma, peluk2an, tangis2an..

ternyata Kaveri Amma diambil dari panti jompo oleh Gita (Gayatri Joshi) yang kebetulan teman masa kecil Mohan. Gota mempunyai seorang adik laki2 yang panggilannya Chikku.



Di kampung itu, Mohan belajar banyak sekali hal yang tidak dia dapat dari US. gulat asli india, sarapan asli Charanpur, sering mati listrik (mirip dengan Indonesia ya?), jalanan berdebu, banyaknya pekerja anak, masyarakat masih dibedakan dengan kasta (yang kasihan itu kasta sudra, karena kasta paling bawah, mereka tidak boleh tinggal dengan orang2 di kampung, harus terpisah sendirian), banyak yang putus sekolah karena harus kerja di dapur (sebagai persiapan untuk menikah), sekolah hanya satu dan Gita yang mengurus sekolah tersebut.

Mohan dari awal sudah menaruh hati pada Gita, karena kecantikannya, kepintaran, ambisinya terhadap sekolah, dan kepintarannya berhitung. Gita baru menyambut hati Mohan di pertengahan film.

disini SRK tidak joget2 dengan peran wanitanya. sepi joget malah. dan peran Gita juga tidak terlalu genit seperti kebanyakan peran wanita di film2 SRK yang otomatis jatuh cinta dengan dia di awal pertemuan, hahaha. Gita lebih keibuan dan tidak banyak tingkah.

waktu cuti 2 minggu ditambah menjadi 5 minggu, karena Mohan membuat perangkat pembangkit listrik untuk warga kampung, agar warga tidak merasakan mati lampu terus. waktu pak bos NASA menelepon menyuruhnya balik ke US, dia tidak bisa mengelak.

Kaveri Amma tidak mau ikut dengannya ke US, karena sudah terlanjur betah di Charanpur. Gita juga tidak mau ikut karena dia harus mengembangkan dan mengurus sekolahnya.

Mohan kembali bekerja di NASA untuk menyelesaikan project roketnya. waktu roketnya sudah launch, Mohan langsung resign, balik lagi ke Charanpur. (hebat ya, tau2 resign aja gitu... ahaha)

--

di film ini, selain sepi joget, sepi cewek2 genit, lagu2nya sepi juga, sepi segala2nya.. tapi akting SRK bagus disini, tidak berlebihan. seperti realnya saja. disini juga dia jarang melucu, bajunya kemeja mulu. ada sih adegan mandinya, tapi gak seksi ah. hahaha..

mobil caravannya bagus deh. mungkin keluaran india.



--

Komentar