about malin kundang

Saya kurang ngerti kenapa Malin Kundang dibilang anak durhaka. Lebih tepatnya saya kurang paham kenapa dia mau2nya di cap sebagai anak durhaka sama ibunya? Memangnya ibunya itu ibunya beneran atau ibu tiri yang tukang nyiksa anak, sampai2 pas Malin pulkam, dia males ngakuin kalo dia punya ibu miskin. Apa bener mereka miskin, kalo miskin kok Malinnya merantau jauh2. Terus pas pulkam tau2 dah punya istri, kaya pulak. Malin tuh koruptor bukan sih? Kok bisa kaya mendadak?


Sebuah Tale ato dongeng ato legenda, biasa bersumber dari hal yang nyata. Mungkin juga berbau politik. Seperti kita tahu, nusantara ini kaya sekali akan hasil bumi dan fauna nya. Dari jaman dulu, orang sudah kenal yang namanya kerajaan Sriwijaya. Hebatnya nusantara sampai2 Majapahit bisa menguasai sampai Kamboja. Kalau saja seorang tokoh digambarkan sebagai Malin pada masa lalu, mungkin legenda itu dibuat untuk mewakilkan dirinya. Mungkin tokoh yang pergi keluar nusantara dan kembali tidak mau mengakui kalau dia adalah orang sama lagi. Atau dia penipu. Atau koruptor. Atau apa ya?

Saya membuat Malin Kundang versi saya sendiri. Anda bisa membacanya disini. Di kemudian sesi saya menyingkatnya dengan TMK=Tragedi Malin Kundang

Saya rasa Malin Kundang bukanlah orang bodoh. Tapi pasti dia orang yang sangat berpengaruh di jamannya. Saya yakin itu. Dan saya yakin dia rupawan dan cerdas. Jenius malah.

Selengkapnya silakan dibaca ya.

Komentar