Trip Zip to Bangkok

Preambule
saya ikut outing kantor ke bangkok. awalnya saya tidak mau ikut, soalnya kudu buat paspor, yang menelan harga 450 ribu lewat calo. karena uang kebahagiaan selalu ngepas tiap bulan. tapi setelah dilihat dan dipikir lagi, kalau saya tidak ikut, sayang juga yah, kerja saya setahun kemarin, saya tidak petik hasilnya. hitung2 juga liburan, soalnya kepala saya sudah mumet dengan berbagai masalah dan kebosanan.

ya sudahlah saya ikut saja, meskipun kudu mengorek celengan. karena buat paspornya lewat calo, jadi cukup dateng 1 kali. untungnya tempat buat paspornya di daerah yang dekat dengan stasiun kota, daerah kota tua, tinggal jalan sebentar dari stasiun kota.

sampai sana juga ngantrinya enggak lama, foto lalu wawancara dan tanda tangan. karena dokumen kelengkapan saya juga tidak bermasalah, jadi cepat prosesnya. paspornya selesai seminggu lagi kata tukang calonya, dikirim langsung ke travel yang menangani outing di Bangkoknya.

Day -1

Karena jadwal dari travel harus kumpul di kantor jam 5 pagi (dari travel disediakan bus ke bandara), saya memutuskan nginep di kantor. kerasa banget jadi gembel di kantor.

saya nginep karena jarak perjalanan dari rumah ke kantor makan waktu normalnya 2 jam. berarti saya dari rumah sekitar jam 3, bangunnya jam 2. sedangkan hari biasa, saya sampai rumah jam 8 malam. waktu tidurnya kurang dan saya juga bingung kalau berangkat dari rumah jam 3 subuh, ke kantor naik apa juga saya bingung, tidak ada yang antar, dan jam segitu belum ada kereta, hanya angkot.


tapi dengan keputusan saya nginep di kantor, paling tidak saya ada waktu tidur lebih banyak ketimbang saya pulang ke rumah. dan tidak perlu kelamaan sampai ke kantor.

yang saya lakukan di kantor? selain nonton TV, atau nonton korea, saya tidur. lumayan, tidur dari jam setengah 10 - jam 11. lalu sambung lagi dari jam setengah 2 sampai jam 4.

Day 1


bus yang dijadwalkan datang jam 5 ngaret, datangnya jam setengah 6. teman2 saya yang mau berangkat bareng dari kantor, juga sudah kumpul. akhirnya bis berangkat ke bandara Soeta jam 6.


di bandara, karena lapar, saya beli AW. urusan tiket dan boarding pas dsb sudah ditangani pihak travel. karena perjalanan ke luar negeri, jadi paspor dan tas yang mau di taruh dikabin pesawat diperiksa berulang kali. saat pemeriksaan terakhir, parfum teman saya disita, dia lupa kalau parfumnya ada di tasnya, harusnya barang cair begitu dimasukkan ke bagasi.


waktu berangkat pesawat adalah 9.45 pagi. naik GA 866. entah kenapa saya selalu merasa terikat dengan angka 8, 6, dan 4. kalau orang yang bisa membaca angka dari tanggal lahir, mereka akan bilang, kalau keluarga saya selalu terikat dengan tanggal itu, tanggal sial katanya. tapi saya tidak percaya, kalau sial, wah sial terus dong setiap tanggal itu.

pesawat berangkat dengan take off yang baik, mulus. karena di garuda, jadi dapat makanan terus. mulai dari jus orange, terus tidak lama ada nasi kuning dan ikan. makanannya enak. jelas saja orang banyak memuji makanan yang disediakan garuda. saya pernah lihat yang menangani katering garuda adalah William Wongso. yah, pantas saja enak.

habis makan, wah penumpang rata2 berbaris untuk.... ke WC. ternyata setelah makan enak, rasa ingin pipis itu menderu2 di perut hahaha.. ditambah dengan suhu di luar dan di dalam pesawat dingin. sekitar 20 derajat celcius. banyak yang minta selimut, banyak yang pipis, banyak yang menggigil. karena kursi saya dekat jendela, saya bisa melihat keluar, memang tinggi sekali posisi pesawatnya, terlihat dari lapisan2 awan yang pesawat lewati. pantas saja Allah bilang langit itu berlapis2.


setelah 3 jam perjalanan, pesawat tiba di Bangkok dengan landing yang gruduk2. teman sebelah saya sampai muntah. dia mengeluh juga landing yang jelek. pertama kali lihat bandara Suvarnabhumi,saya terpesona dengan bentuk bandaranya. bentuk atapnya melengkung2 biru. banyak sekali terparkir pesawat dari luar negeri. saya bahkan melihat pesawat airbus yang dua tingkat, besaaaaar sekali!!

waktu keluar pesawat dan benar2 melihat dari dalam bandara, rasanya luas banget!!! bandaranya berkali2 lipat lebih besar dan nyaman daripada bandara Soeta. dan AC nya tetap terasa walau orangnya banyak banget didalam. 


karena jam yang mepet dari travel, kami langsung menuju bus, setelah berurusan dengan imigrasi dan ambil bagasi. saya kaget dengan udara Bangkok yang lebih panas dari Jakarta, dan lebih lengket terasa di kulit. 


tur langsung menuju acara makan siang di sebuah restoran turunan Arab dekat bandara. karena anak2 kantor perutnya naga semua, jadi setiap kali makanan datang langsung diserbu. wah hebat deh serbuannya.



karena restoran arab, jadi mereka punya musola kecil. saya langsung mengqodo solat zuhur dan ashar. kebetulan setelah selesai acara menggasak makanan, langsung terdengar suara azan ashar dari masjid besar di seberang restoran (hebat ya ada masjid segitu gede, dipinggir jalan pulak). wah panasnya, sampai keringatan bercucuran dari balik baju saya saat solat.

setelah makan, bus menuju ke MBK mall. saya dan anak2 kantor bingung juga, ngapain ya ke mall, kan kantor kita di jakarta aja dekat dengan 3 mall besar, sampai di Bangkok, ke mall lagi. dan harganya juga, wow mahal!


yah sekalian di Bangkok, jadi gapapalah. foto sana sini, jalan2 sama salah satu pak bos ngiter2in mall. jalan2 ke pinggiran jalan dan melihat kemacetan depan MBK mall. sempet juga dijajanin jus sama pak bos karena kaki kita sudah pegel2 semua.

saya pikir lumayan lah buat olahraga tapi sambil nge mall. hahaha

jam sudah malam, perut udah berontak, travelingnya lanjut lagi ke sebuah restoran terkenal di Bangkok, Somboon.

waktu masuk ke restoran, saya amaze dengan penuhnya restoran itu. wah pasti makanannya enak banget!! setelah menunggu beberapa saat, dan minum air putih esnya, makanan pun datang. menu yang disajikan, kebanyakan seafood. ikan, tomyam, kepiting, kerang, oyster, udang gede2 gorang, kangkung khas Thailand yang besar2 dan crispy dan tentu saja ada nasi, walau dikasihnya sedikit.



saya terpesona banget dengan rasa ikannya yang lembut dan aduuuh enak bangettttt. entah ikan apa itu yang pasti mantap rasanya. lembut dan agak manis dagingnya. masih terbayang2 rasanya sampai sekarang.

nah ini dia, tom yamnya... enaaaaaaaaakkkkk banget. walau maag saya sudah cenat cenut dari pagi, tapi ketendang sama rasa tom yumnya yang supeeeerrrrr lezaaatttt!!!! kuahnya segar tiada terkira. saya belum pernah merasakan ada tom yum seenak ini. ini mungkin kekuatan dari tom yum original Thailand. nom nom...

ada juga kepiting. saya tidak erlalu suka rasa dan daging kepiting, jadi saya cuman icip2 saja. walau makan semua hidangan tanpa nasi pun bisa kenyang, apalagi dengan nasi. wah perut saya sampai full tank. itulah kenapa saya sempat muntah 2 kali di hotel hahaha. kebanyakan makan enak sih. hahaha


setelah dari Somboon, orang travelnya memutuskan untuk check in di hotel. nama hotelnya adalah Bangkok Palace hotel. banyak juga orang dari luar negeri, terutama India dan Cina yang nginep disitu. (sebagian anak2 kantor ada yang nonton show go go bar dengan bayar 600 baht sebelum ke hotel loh)

kalau menurut saya, hotelnya tidak terlalu bagus. agak suram dan kumuh kesannya. mungkin karena hotelnya terlalu penuh turis di lobby atau karena umur hotel yang sudah tua ya? atau karena saya sudah terlalu lelah seharian jalan dan makan seafood. *galau*




dihotel, saya dan teman saya langsung unpack dan ganti baju. teman sekamar saya malah tidak bawa baju dari jakarta, dia beli baju pengennya di Bangkok saja, biar bawaannya ringan dari jakarta. saya lihat belanjaan bajunya dari MBK mall, dan lumayan bagus, sekelas ITC mangdu.



karena sudah sangat lelah, saya memutuskan mandi dan langsung tidur saja. besok, jadwal dari travel akan lebih padat. saya tidak mau terlalu capek besok. dan ditambah lagi maag saya sudah nyut2an, kepala rasanya berat. teman sekamar saya memilih untuk pergi keluar, mau nongkrong dan minum2 katanya. dia tidak mau tidur banyak2 di Bangkok.

oh iya, saya mau komen sedikit tentang air di Bangkok. air mandinya anyep. hangat dan tidak dingin segar. air mineralnya juga ada yang berasa dan agak berbeda rasanya dengan air di jakarta. waktu saya mau mandi dengan air panas di hotel, saya buka dulu keran air dinginnya, saya kaget kok air dinginnya agak hangat?


saya berusaha tidur dengan susah payah, setelah wara wiri kesana sini gangguin teman akrab saya di kamar sebelah, lalu ganti2 channel TV hotel yang hanya 15 channel, saya tertidur. jam 12 teman sekamar saya pulang, lalu kami tidur.


jam setengah 1, tiba2 lampu hotel mati. wah saya panik. langsung nyalain hp. takut ter jadi apa2. saya melongok ke lorong. ternyata memang benar semua kamarnya mati lampu kecuali lampu lorong hotel. rata2 teman saya keluar. teman sekamar saya tiba2 kesal dan melompat bangun kekamar seberang, dengan gemas bertanya pada resepsionis (dengan telepon kamar seberang). katanya ada sedikit korslet, akan dibetulkan 10 menit lagi (saya kaget banget waktu dia tiba2 melompat dari tempat tidurnya dan langsung marah2 ke kamar seberang yang kebetulan anak kantor juga, yang membuka pintu kamarnya karena mati lampu).


enggak di Bojong, enggak di Bangkok, mati lampu juga ya hahaha




kami memutuskan untuk tidur lagi dan membuka tirai kamar. lumayan sih ada sinar masuk tapi tidak terang. saya juga enggak bisa tidur mati lampu begitu, pengap dan nyesek. untungnya enggak lama, lampunya nyala lagi. tidur deh..


dan teman sekamar saya itu bisa langsung bisa tidur lagi. hehe


Day 2


orang travel dari semalem udah wanti2 agar kita berangkat jam 7 pagi. seperti biasa, anak kantor itu kan hobi banget tidur pagi, bukan bangun pagi, jadi yaa... diadakanlah itu morning call jam 5. sekalianlah saya solat. kebetulan semalem sempet nanya ama pak bos, kiblat arah mana, jadi bisa solat dengan lebih tenang, beda dengan solat isya dan magrib sebelumnya di hotel karena engga tahu kiblat, jadi nebak2.


habis solat, saya langsung mandi. teman sekamar saya masih tidur. saya pengen berendam di air hangat lama2 dulu. mayan lah melepas pegel2 di kaki sisa semalam.


habis mandi, saya gonta ganti channel tv lagi. sambil menunggu matahari terbit. jam setengah 7 setelah touch up yang begitu2 saja :D saya gedor2 pintu teman akrab saya di sebelah, eh dia baru bangun. perut saya udah keroncongan, tapi saya nungguin teman akrab saya dulu saja, sambil ngemil.


jam 7 kurang kami turun buat sarapan di hotel. dalam bayangan saya, harusnya sarapannya enak, soalnya banyak banget turus yang datang ke hotel ini. tapi ternyata rasanya standar. sarapannya model buffet, saya ambil nasi goreng Thailand, sayuran, sosis ayam. rasanya biasa saja, sosisnya kurang enak. karena kurang nendang, saya ambil lagi pancake dan sirup mapple nya. harapan saya paling engga rasa pancakenya kayak yang di panhouse, eh tapi rasanya manis dan sedikit rasa seret di ujung lidah. saya juga ambil teh, tapi rasa tehnya saya enggak suka.


sarapan yang gagal hiks



tapi mayanlah daripada perut kosong dan maag menggelegar lagi.


setelah sarapan, saya meluncur ke floating market di sungai chao phraya. naik kapal kecil keliling sungai2 sambil liat pemandangan di kiri kanan jalan.





ada banyak banget kuil yang megah2. dan ada rumah khas orang sungainya. keadaannya mirip dengan rumah2 tradisional di pinggir sungai kapuas, kalimantan. bedanya kalau kapan sungai chao phraya lebih besar daripada kapal2 di sungai kapuas (aka sampan). sungainya lebih lebar daripada sungai kapuas. hebatnya, jumlah sampah yang dibuang ke sungai sedikit.







ada juga tu tugu pancang jembatan yang bentuknya mirip monas. setelah itu sempet juga kasih makan ikan patin (patinnya rakus banget deh, ampun) dan ada tukang jualan yang nyamperin pake perahu dia.



nah di Wat Arun sini, kapal kita berlabuh sebentar. disebelahnya ada banyak toko souvenir yang jual macam2 barang, termasuk kaos, aksesoris, tas. anak2 kantor sempet bikin rusuh sama salah satu penjual kaos, jadinya mereka semua belinya disitu, hitungannya 1 kaos jadi 30rb, tapi kudu beli selusin. karena saya napsunya hanya makan, jadi saya tidak beli. hahaha. pak bos juga sempat bantuin jualan, sampai2 dikiranya dia yang jual, karena penjualnya menyingkir ke kiri, disamping karena ganasnya anak2 milih kaos.

 si nenek kasihan ya udah tua masi aja jualan souvenir.

sempet juga ambil foto dengan anak2 kantor pake spanduk yang sungguh2 mencurigakan. hahaha

abis puas foto2 dan beli2, kami langsung balik lagi ke tempat asal. lupa nama tempat asalnya apa.


setelah itu, kami langsung ke The Grand Palace. dari namanya saja artinya udah istana besar. siap2 kaki gempor lagi. haha.

dari wikipedia.com

 istananya waaaaaaahhh banget. kuil dari emas, istananya dilapisi batu permata. patung2nya besar2 dan penuh dengan hiasan batu permata. bagian atas dikasi lonceng2, jadi kalau ada angin langsung bunyi. ga bisa moto keseluruhan gedung soalnya tinggi banget gedungnya. jadi dapetnya cuman sebagian2.







disitu ada patung Budha tidur 15 meter, full emas. tapi karena kudu buka sepatu, saya jadi males, halah. trus ga boleh difoto juga hiks. salah satu teman saya ada yang nekat pengen foto dengan BBnya, malah diambil BBnya. walau BBnya dikembalikan lagi setelah memohon2, hal itu membenarkan apa yang tour guidenya bilang, ga boleh ambil foto apapun dalam kuilnya.  *beklah*



warna istananya ini luar biasa meriah. ada kuning emas, hijau, merah, putih.. kinclong bener! saya juga lihat bekas2 kerokan tangan jail di salah satu bangunannya. ternyata hanya catnya saja yang emas, jadi itu sebenarnya dibuat dari ubin biasa dilapis emas dan dilapis cairan lagi agar tahan cuaca (cairan mika mungkin).


kalau saya bilang, istana ini benar2 proyek ambisius raja yang luar biasa ambisiusnya. mungkin selain sebagai istana, bisa juga sebagai simbol untuk memperlihatkan kekuatan kekayaan Thailand (alias nyombong dikit) terhadap kerajaan lain di masa awal pembuatannya.


sampai sekarang bangunannya kokoh. catnya juga dirawat baik. tapi luar biasa banget ngerawatnya, butuh dana milyaran dolar untuk merawat istana dan propertinya. dan tenaga perawatnya juga bukan sedikit kalau begini. makanya mungkin karena biaya perawatan yang amit2 mahalnya, jadi beberapa bangunan dijadikan tempat pariwisata, dan dibuka untuk umum dengan kawalan ketat pasukan elit kerajaan.


dari wikipedia.org

peringatan ini yang saya ingat ada di pintu gerbang masuk ke Grand Palace. teman perempuan saya ada yang merasa panik saat dibilang celana 3/4 tidak boleh masuk. jadi harus sewa semacam sarung khas Thailand. oh iya! ada juga beberapa orang yang malas masuk karena cuaca mendung atau karena capek (malah nongkrong di coffee shop depan istana). 

sebelum saya masuk ke istananya sempat hujan besar. sudah hujan, gak bisa nyeberang karena ada rombongan raja mau lewat. karena gak bawa payung, jadi pake spanduk nyeleneh buat payung jejadian. pas rombongan raja lewat dikiranya kita pendemo pro Thaksin kali ya? hahahah




Nah, capek foto sana sini di Grand Palace, lalu menuju gedung tempat penjualan batu permata di Thailand, The Jewelry Trade Center. disitu kita disuruh nonton cara pembuatan permata ala Thailand yang permata hijau dan merahnya yang diklaim sebagai nomor 2 didunia oleh pemerintah Thailand, sambil disuguhin welcome drink. saya tidak terlalu suka disain perhiasannya, dan ditambah, harganya sangat mahal, susah jualnya di Bojong atau Citayam (haha.. bilang aja gak punya duit). 

abis itu, kita lanjut tour eh belanja di CHATUCHAK Market. beberapa ada yang ke Platinum mall (semacam ITC) soalnya ber AC dan lebih nyaman. Chatuchak lebih mirip pasar dadakan, yang ada hanya pas weekend. semacam pasar di pemda cibinong atau pasar juanda gitu deh tapi agak lebih lengkap kayak di asemka plus harganya lebih murah.


nah disini ini, nafsu belanja menggila. tour guide bilang jangan masuk terlalu dalam nanti bisa nyasar karena ga tau jalan keluar. hahaha. saya cuman beli baju anak 2, daster 2, baju kerja 1, keripik halal 2. sempet juga nyobain sosis ayam halal yang rasanya asem pedes, beuhhh hot. sebetulnya pengen juga beli jajanan piscoknya yang gede, tapi bisa kekenyangan banget.


teman perempuan saya segerombolan (trio kwek2) sudah kalap semua. belanjaan sampe berat banget keliatannya. karena saya merasa ada kemiripan dengan asemka, jadi napsu belanja saya bisa ketahan. hahaha. saya juga secara tidak sengaja waktu jalan di pinggir jalan (jalan apa namanya gak tau) pernah lihat kardus jualan toko, di kardusnya tertulis properti from Indonesia. hahaha. saya yakin tu barang2 tanah abang sama asemka.


setelah pada kalap belanja di Chatuchak dan beberapa di Platinum Mall, kami pulang. tour guide nawarin liat show di Patpong. dsitu terkenal dengan go go barnya. ditengahnya ada pasar mini yang harganya bisa 3 kali lipat dari Chatuchak. saya beli kaos anak kecil disitu lebih mahal 50 baht, itu juga setelah tawar menawar. penjualnya juga rada galak dan maksa.

capek di Patpong, langsung meluncur ke acara makan malam di atas Cruise, CHAO PHRAYA CRUISE, Princess III. ngantrinya kayak ngantri sembako. dorong2an kayak udah mau naik commuter yang telat ke bogor. amit2 deh. ternyata suasana orang kelaperan tu kayak gitu ya. hiii... naudzubillah deh. sempet juga liat bule yang ambruk gara2 kehabisan oksigen, lemes dia.


pas masuk Cruise, dan duduk sebentar. saya mengambil makanan. nasi putih, daging, ayam, sayur. pengen spagetti tapi lagi engga terlalu napsu. ya sudah nasi saja. bosan dengan seafood dan tom yam. haha. lagi makan enak, penyanyinya nyamperin ke beberapa bangku anak kantor, ngajak nyanyi peter pan dan krisdayanti, oh dan juga cucak rowo. haha...


karena grup anak kantor emang selalu heboh terus, jadinya penyanyinya makin semangat. nyuruh anak2 lakinya joget2 di atas kapal setelah mereka makan. kebetulan disitu ada yang just married, jadi jogetnya kelilingin orang yang baru merit sambil teriak2 ala opera van java. EEEEE..... AAAAAAA!!!


hebat bener deh bikin hebohnya. beberapa orang korea dan rusia juga ikut2an. hahaha.

habis makan dan buat kerusuhan di Cruise, waktunya balik hotel buat bobo. kalau teman sekamar saya seperti biasa, dia lanjut minum2 lagi dan kongkow.


Day 3


semalam di bus, orang travel sempat nawarin ke pasar penjual jeans dan kulit. tapi anak2 kantor sudah kelelahan semua, pengen tidur agak banyak hari minggu biar badan enggak terlalu drop. akhirnya minggu full acara bebas. tidak ada morning call. sangat disayangkan kata tour guidenya.

sarapan? dengan menu sama di hotel seperti menu hari kedua kemarin. rasanya juga flat. huh. saya bangun pagi lagi, jam setengah 7 udah siap2 sarapan, tapi teman sekamar masih ngeringkuk bobo. dan anak2 lain juga ada yang baru bangun, ada yang masi tidur, gara2 nonton bola begadang semalam.

akhirnya saya sarapan sendiri. hiks. selesai sarapan saya gerasak gerusuk ke kamar teman akrab saya disebelah kamar. pak bos masuk dengan ngos2an, bilang kalau dia abis lari 10KM dari hotel dan menemukan banyak hal. dia juga lari di sebuah taman yang khusus punya jogging track sendiri. sempet foto2 dan baliknya lari lagi.dia juga sempat turun kebawah ke seven eleven buat beli susu dan camilan. hebat bener deh si pak bos itu.



karena acara minggu itu bebas, ada beberapa anak kantor yang berenang dan nge gym. saya gak bisa berenang, dan malah jadi ngantuk lagi. hahaha, jadi saya nonton TV aja di kamar lagi, sambil nunggu bus jemput mo pulang ke bandara.


pas jamnya, saya bawa turun barang2 dan belanjaan saya yang tumpek blek di 1 tas ransel dan tas pink ngejreng hasil kalap di Chatuchak. ransel lebih penuh dengan baju kotor sih hahaha.


sampe bandara, pesawatnya masih lama banget tapi perut udah lapar banget. ngemil cake gandum walaupun gak ada air. mudah2an gak seret.


sejam kemudian masuk kedalam, lebih banyak makanan. saya sempat juga beli dodol durian di toko bandara. lebih mahal 50 baht daripada di luar. perut keroncongan, ada salah satu pak bos yang traktir makan di burger king. wah mayan deh makan 1 burger gede itu buat ganjel. beli aqua 40 baht buat penghilang haus.


boarding dengan perut yang setengah kenyang. pesawatnya, GA 867 boarding jam 13.55. maag gak menggerutu, suhu kaki gak dingin, udah minum air. mayan. di pesawat, kateringnya kurang enak, karena yang masak orang Thailand (halah). saya nonton underworld yang kurang greget. pas nonton DON 2, eh dimatiin gara2 pesawatnya mo mendarat di Jakarta. hiks.


kebiasaan garuda ya, kalo landing geretuk2 gitu kayak naik truk yang jalannya berbatu2. hahaha. untungnya teman sebelah saya tidak muntah, kayak dulu pas landing di Bangkok. keluar dari pesawat setelah makan waktu perjalanan 3 jam, berasa banget perbedaan antara bandara Suvarnabhumi dengan bandara Soeta. Soeta kecil dan kesannya bandara kelas 3 buat bandara internasional, sedangkan Suvarnabhumi itu yang kelas 1 nya. Sote panas, ACnya tidak berasa sama sekali. kotor dan compang camping dimana2. hiks sedih deh. kapan ya kita punya kayak Suvarnabhumi. padahal kan penduduk kita bejibun harusnya lebih bagus dari Thailand ya..



pulangnya, nebeng mobil pak bos yang kebetulan pengen tahu juga daerah bojong. ketawa2 di mobil, dan saya ingat banget pertanyaannya,"TPA itu bukannya Tempat Penitipan Anak ya?"


"bukan pak, itu Taman Pendidikan Al-Qur'an, semacam PAUD."
"PAUD itu apa?"
"Pendidikan Anak Usia Dini, semacam preschool
haha. pak bos pak bos..


sekarang tinggal tunggu taun depan outingnya kemana lagi nih?

yang paling diinget selama outing mepet kemarin:
1. kehebohan di Chao Phraya Cruise Princess III yang amit2 deh berisiknya ^^
2. rasa tom yam Somboon yang ruar biasa!
3. kegilaan anak2 kantor belanja di Chatuchak
4. kebeteean kudu nginep di kantor karena rumah di bojong

Komentar