gaya berbohong penjual

nah ini ada adalah semacam eksperimen. seperti kita tahu klo di itc dan mall itu kan pastinya banyak penjual. bedanya kalo di itc barang2nya bisa ditawar sedangkan kalau mall biasanya sudah di bandroll.

kemarin saya ikut teman2 saya berbelanja di itc. biasalah kan mereka mau lebaran jadi kudu beli ini itu. saya sih niatnya cuma jalan2 aja,dan beli baju satu atau dua stel buat icad. ga niat buat beli diri sendiri soalnya udah numpuk di lemari.

ada sekitar 5 lebih penjual yang kita samperin ke toko2nya,sambil megang barang2nya,pegang dan nawar sana sini. disaat tawar menawar ini lah saya menemukan gesture tubuh dan fitur pembohong dari para penjual ini.

gesture tubuhnya rata2 adalah melipat kedua tangan di dada. gesture ini memperlihatkan bahwa si penjual ga setuju dengan harga yang kita mau, mereka maunya harga yang sudah mereka tetapkan tidak ditawar2 lagi. kurangnya cuma 5 rb,katanya. saya juga menemukan gerak2 gelisah dari para penjual. seolah tidak fokus. kesana kesini,langkah kesana kemari ga diem. ini juga menunjukkan salah satu kontrol diri yang salah karena menyembunyikan kebohongan. dia gelisah karena harga yang dia tetapkan terus ditawar sama kita, dan omset penjualan tokonya yang kudu naik bulan ini.

gelisah dan melipat tangan ini adalah kondisi umum penjual. kadang ada juga yang memelintir kecil2 ujung2 baju mereka, ini menandakan ketidak yakinan kalau kita mo beli barang mereka,atau sekedar lihat2 saja. hehehe

sedangkan mimik dan fitur wajah yang saya tangkap dari para penjual ini adalah mereka terlalu banyak berkedip atau mata mereka tidak fokus waktu membicarakan harga atau tawar menawar harga. karena saya membaca mimik wajah dari penjual terakhir, saya tebak langsung harganyanya yang saya kira2, si penjual langsung menahan napas,tegang,dan menunduk ke arah lain. dia berbohong. dan setelah berkeliling ternyata ada toko lain yang harganya lebih miring. yaaaaahhh padahal udah beli!! ahahaha

banyak alasan kenapa penjual berbohong, biaya toko, gaji karyawan, tips, untung, thr,dll. harga biasanya wajar2 klo tidak terlalu jauh tapi kita kan gak mau terjebak dengan penjual yang mengenakan harga sampai 2 kali lipat kan?

Komentar