Usaha saat pandemi, gimana ya caranya?

Bunda, masa pandemi begini, sempet bingung juga, semua bisnis ya doyong dan banyak yang tutup. Sedih banget sih buat semua orang. Tapi jangan patah semangat, usaha kecil saat pandemi begini, cukup banyak bund, dan banyak yang sukses juga.

Bisnis usaha kecil, lebih ke online💪

Beneran loh Bund! Kalau dipikir ya, masa pandemi gini, orang jaga jarak, semuanya serba online. Mau usaha makanan sampai baju, semuanya kalau bisa online mah online aja. Semua dipaksa bergerak di online. Susah memang buat yang awalnya buka warung atau buka toko fisik, apalagi udah kadung sewa tahunan, tapi ternyata semuanya serba online tahun ini.

Paling gampang, kalau mau jualan online, pakai hp aja bund. Kalau pakai laptop, enggak semua orang punya. Beli kuota juga butuh modal kalau mau bulanan. Ini ada beberapa cara yang mudah yang bisa dipakai untuk usaha kecil saat pandemi begini.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan penjualan untuk usaha kecil:

  • Gunakan Whatsapp status. Barang yang bunda jual bisa bunda upload semua tuh ke status. Termasuk juga barang yang ada diskon. Kalau bunda ada kendaraan seperti motor, bunda bisa kirim barangnya langsung ke yang pesan.
  • Gunakan Whatsapp Business. Download dulu aplikasi Whatsapp Business dulu bund, nanti setelah download, bunda bisa langsung tuh masukin katalog dari masing-masing produk bunda.
  • Gunakan Facebook. Posting juga semua barang yang dijual di Facebook dan di stories Facebook. Kalau temen bunda di Facebook udah banyak, bisa mempermudah bunda untuk tetap bisa eksis di bisnis usaha kecil di saat pandemi begini.
  • Gunakan Instagram. Bisa juga nih bund, masukin semua barang bunda ke instagram. Foto barangnya, terus pakai filter biar cantik sedikit, terus upload deh bund di Instagram. Jangan lupa tuliskan kontak Whatsapp bunda juga.
  • Gunakan Tiktok! Ini cara baru bund! Apalagi kalau bunda jualannya kayak gamis dan jilbab untuk anak muda, wajib nih bund, posting disini. Mana tahu ya bund, selain lihat produk bunda, nanti ada yang beli juga.
  • Buat GMB atau Google My Business bund. Tinggal isi-isi dikit tentang bisnis bunda, terus masukin alamat dan no telpon, nanti bunda akan terlihat di Google search dan maps. Orang juga bisa kasih review dan foto bund. Seru deh.
  • Buat toko di Shopee/Tokopedia/Bukalapak bund. Gampang banget caranya. Daftar, terus masukin semua barang bunda legkap dengan keterangan dan harganya.
Kalau masih kurang, ada tips lagi enggak untuk meningkatkan penjualan usaha kecil di saat pandemi? Ada bund, kalau bunda ada uang lebih, bisa coba pasang iklan bund. Jadi makin banyak orang yang tahu bisnis bunda, harapannya banyak barang yang terjual juga.

Dimana kita bisa pasang iklan ya? Di sini bund:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Google
  4. Shopee/Tokopedia/Bukalapak.
Tapi diingat juga bund, jangan asal pasang iklan aja, harus ada perencanaan matang, karena kalau buat iklan kan kudu cek juga keuangan kita. Jangan sampai uang penjualan habis untuk pasang iklan aja. Tips berikut bisa bantu bund.


Tips pasang iklan untuk usaha kecil saat pandemi:

  • Tentukan budget. Hitung dulu budget yang diperlukan untuk pasang iklan. Jangan sampai jebol tabungan bund.
  • Tentukan dimana kita bisa pasang iklannya. Jangan semua tempat sekaligus kita pasang iklannya, kecuali memang kita punya budgetnya.
  • Buat rencana, kalau iklannya sukses dan penjualan meningkat, apa yang harus kita lakukan agar tidak keteter. Begitu juga sebaliknya, buat rencana B, kalau ternyata iklannya malah tidak membantu penjualan, apa yang akan kita lakukan.
  • Gunakan budget kecil dulu, kalau hasilnya sudah terlihat, baru bunda bisa meningkatkan budget iklannya.
  • Sabar, karena enggak setiap kita buat iklan, penjualan langsung meningkat bund. Ada tahap2nya, jadi enggak setiap orang yang keterpa iklan kita akan langsung beli kan bund, jadi nanya-nanya dulu, lihat-lihat dulu, cek dulu, dsb.
Lisda Ikhwantini Digital Consulting

Semoga tips diatas bisa bantu usaha kecil bunda berkembang ya saat pandemi begini. Biar sekalian bisa tambah uang jajan juga. Kalau bunda masih bingung, bisa klik di sini ya bund, nanti tim kami bisa bantuin bunda: Whatsapp number

Komentar