Ternyata blogger butuh SEO ya?

Hobi Menulis Blog 

Dari dulu saya suka sekali menulis. Kadang saya menulis blog itu iseng saja. Ada yang mau saya tuangkan ke tulisan atau sekedar ide saja.  Kadang saya juga menulis how-to blog. Lumayan lah buat menuangkan apa yang saya pikirkan dan kadang unek-unek di otak saya ke tulisan.

Bukan Copywriter atau Content Writer

Saya bukan itu. Cuman senang nulis saja. Akibat senang nulis, saya banyak banget punya blog, baik di blogger.com dan wordpress.com dengan berbagai nama. Sampai saya lupa juga username dan passwordnya. hahaha... Sampai saya bingung kalau kok orang bisa nulis blog, terus banyak yang baca, gitu ya? Semacam viral lah. Sampai bisa terbitin buku. Padahal isinya ya karangan atau mungkin benar-benar terjadi, tapi ya ditambah bumbu-bumbu biar lebih menarik.

Saya merasa tulisan saya juga menrik dibaca, tapi ya enggak pernah banyak tuh viewsnya hahaha.. Keliatan banget kalau dipasang tools stat counter, ya enggak ada yang lihat tuh. Kadang sebel juga, kok konten yang menurut saya sama dengan saya kok dapat banyak banget views. Berarti artikel blog saya kurang menarik yah?

Saya tidak pernah belajar copywriter dan ilmu yang berkaitan dengan itu. Dari dulu saya pikir, tidak terlalu perlu ilmu itu untuk menulis blogger. Ternyata saya salah ya, lumayan berguna juga ilmu itu untuk menulis blog dan mendapatkan audiens yang relate dengan isi blog kita.

Ada lagi yang namanya SEO

Ternyata ada 1 ilmu yang saya lewatkan untuk mendapatkan banyak views di blog, yaitu SEO. Kalau saja saya kenal ilmu ini dari awal saya punya blog ya. Hmm.. mungkin bisa meraup untung banyak dari situ. Saya suka menulis tuh dari awal kerja kayaknya, baru kenal blogger.com, wah langsung pengen nulis deh.

Saya tahu tentang SEO dari 3 tahun lalu karena kebetulan kecebur langsung di project SEO. Dari situ saya tahu oh ternyata artikel blog itu bisa meningkatkan traffic website secara keseluruhan ya. Keren banget! Dan ternyata SEO itu ya berbayar, dan lama juga periodenya, karena sifatnya organic, jadi naiknya mungkin lama, tapi tahan lama. Lalu akhir-akhir ini saya mulai mempelajari SEO sedikit demi sedikit. Yah dengan pengetahuan SEO saya yang cetek ini, saya memberanikan diri untuk membeli domain dan website. Walau ya deg-degan aja gak balik modal. Hehehe.

SEO ada tools gratisnya juga!

Untuk blogger pemula atau blogger asal-asalan kayak saya, yang penting tulis blog, bisa cek artikel 10 best free SEO tools for blogger di sini. Disitu ada tools SEO gratis yang mempermudah pengerjaan pembuatan blog yang SEO-friendly. Emang banyak sih artikel serupa di internet, banyak banget, ada yang nge-list tuh sampe 109 tools SEO! Dan emang nih yang bikin artikel best free SEO tools ini dari perusahaan-perusahaan luar yang udah ngelotok banget tuh SEO nya. Hmmm.. kapan ya saya bisa kayak gitu? 🤣

Komentar