penyebab stres

ini hasil observasi saya loh. bukan dari para ahli

menurut saya, stres itu bisa disebabkan dari beberapa hal dibawah ini:

1. kondisi yang terlalu susah
kita sering berhadapan pada suatu masalah pelik dalam hidup. untuk yang ekonomi kebawah alias pas2an, pasti sering berhadapan dengan masalah yang memacu stres, misalnya untuk biaya kehidupan sehari-hari atau biaya sekolah yang kadang sampai bisa membuat mereka lebih stres lagi.
atau dalam kehidupan di kantor, yang selalu mendapat tekanan atas pekerjaan yang terus menerus setiap hari. dalam kondisi ini bahkan bisa memicu bunuh diri di Jepang. bukan karena tidak adanya solusi, tapi tekanan yang terlalu besar dan sulit dilewati.

2. kondisi yang terlalu mudah
kita selalu berpikir kehidupan ekonomi kelas A+ selalu mudah. money is power. tapi uang klo terlalu banyak dan terlalu gampang didapat akan menimbulkan stres yang baru yaitu bagaimana cara menghabiskannya. terlihat gak mungkin ya? tapi inilah yang justru terjadi. mereka yang golongan A+ akan mengalami stres yang lebih besar ketimbang golongan ekonomi lemah.
untuk urusan pekerjaan, kita bisa melihat ke posisi owner atau bos. mereka selalu terlihat gelisah. stres yang disebabkan gelisah ini karena mungkin kehidupan kantor mereka menjadi terlalu mudah. tinggal suruh bawahan, ga perlu mengerjakan apa-apa. manusia diciptakan juga untuk memungsikan seluruh bagian tubuh dengan bekerja, hal ini yang bisa menyebabkan stres juga. hal yang bahkan terlihat mudah menjadi sulit.

3. kondisi fisik yang lemah
bukan masalah cantik atau jelek, tinggi atau kuntet, tapi fisik disini adalah penyakit. wajah kita menunjukkan fakta besar apa yang tubuh rasakan. kalau ada penyakit, bagi para ahli fisiognomi timur, bisa diberitahukan melalui wajah. kontur atau lekuk wajah tertentu bisa disebabkan oleh penyakit didalam atau diluar tubuh. hal ini bisa mengakibatkan stres, apalagi kalau penyakitnya tidak bisa disembuhkan seperti AIDS atau diabetes.

4. depresi turunan
stres juga bisa diakibatkan oleh depresi yang berlebihan. seseorang yang mengalami kondisi depresi dan didiamkan saja, akan menimbulkan stres bagi kesehatan tubuh dan jiwanya. kalau Anda mengalami depresi, bahkan untuk level yang kecil, segeralah temukan sumber masalahnya dan segera cari solusi. stres karena depresi paling banyak merenggut akal sehat, dan menimbulkan penyakit dalam tubuh.
untuk jaman sekarang yang udara bersih pun susah dicari, depresi gampang terjadi.
apabila garis turunan dari orang tua atau saudara Anda ada yang mengalami depresi berat, bisa jadi Anda juga rentan kena depresi. hindari hal ini dengan banyak olahraga dan melakukan kegiatan yang membuat hati dan pikiran tenang.
bagi ibu yang mempunya anak autis dan down sindrom, depresi sering terjadi, bahkan bisa menimbulkan stres yang lama. untuk menanggulanginya, haruslah mencari info sebanyak-banyaknya dengan membaca buku atau mencari di internet, serta sharing antar sesama ibu yang mempunyai masalah anak yang sama.

5. kondisi yang monoton
kita sering terperangkap dalam jalan yang sama setiap harinya. membuat hati dan pikiran menjadi terlalu monoton. hal ini bisa membuat stres. rasanya tidak mungkin ya? tapi ini bisa terjadi. bagi Anda yang sudah terlalu lama terjebak dalam pekerjaan yang dalam bidang yang itu-itu saja, cobalah untuk mencari pekerjaan di bidang yang sama sekali baru. atau Anda bisa menyalurkan ilmu yang Anda punya kepada sekitar Anda, dalam bentuk seminar atau mengajar.
bagi ibu rumah tangga, hal-hal monoton yang setiap hari dilakukan di rumah bisa juga membuat stres. biasanya, larinya, ke bentuk tubuh atau bentuk wajah. hal ini bisa ditanggulangi dengan membuat kesibukan baru. mmisalnya bisnis kue kecil-kecilan, atau menjahit baju. dan berkebun.
kondisi monoton hanya bisa dilawan dengan inovasi. walaupun inovasinya kecil, hal ini bisa membantu kita keluar dari garis monoton kehidupan. sebelum Anda mengalami stres karena kehidupan monoton, carilah inovasi Anda sendiri.

Komentar